Petani Harus Lebih Tawakkal

Tetaplah bertawakkal karena ini pertanian

SAy merasa kehilangan dengan rontoknya daun bidara yang satuAKu menanam bidara tersebut enam bulan dnegan membeli bibitnya seharga 100 ribu rupiah JUmlah yang mahal untuk bibit tetapi harganya memang demikian . Kalau mau mencari dimanapun paling bedanya hanya 10 ribu. Memnag ad ayang 50 ribu namun tidak sekuat yang 100 ribu. Pengalaman saya untuk yang murah masih kecil dan kurang kuat dalam beberapa bulan mati.
Tentu saja ini salah karena saya pikir saya lah yang mearuh tanah tidak baik. Seharusnya saya pake tanah yang baik dan campur dengan pupuk daun atau kompos jangan ada pupuk yang lama yang saya kira membuat pohon menjadi panas ada banyak ga syang saya kira membuat tanaman saya menjadi kering. Saya amenduga ini adalah busuk akar. Karena akar bisa menjadi hitam. Aku sampai berdo’a agar bidara saya tetap hidup karean bidara tersebut masih saya pakaia. SAya akan usahakan bagaiaman hidu setelah tidak bisa hidup saya beli (susah amat).
Dalam pertanian kita harus tawakkal. Kitatidak seperti seorang penjual aatu sales yang mesti laku seratus unit dalam sebulan misalnya. Tetapi seorang petani harus tawakkal tentu saja setelah berusaha sekuat tenaga.
Langkah selanjutnya mungkin saya akan browse . Sebenarnya ada sih penjual yang suka untuk memberikan saran tapi saya merasa gak enak. Saya rasa saya akan merepotkan teman yang juga seorang seller pohon tersebut. Lebih baik saya mencari Mbah Guugle untuk mencari obat dari busuk akar tersebut. aya lebih emilih obat tradisiol sebab seain murah obat-obatan tersebut juga tidak akan meracuni tanah. Sayangnya ketika saya melihat pestisida herbal ada yag menyampurnya dengan sabun yang tentu saja masih kimia. Tetapi mungkin ini lebih baik daripada pestisida full kimia.

Ilmu sedikit tapi berguna

Fermentasi Jerami

Sebagai seorang lulusan peternakan saya masih tahu beapa cara untukberternak. SAya pikir ini adalah cara yang baik dalam menghasilkan uang karena haalal yah tetntu bergantung dnegan orang tersbeut au halal atau mau haram. KAlau mau halala usaha yang benar menurut aturan ISlam. Kalau mau haram yah pake saja seluruh cara untuk mendapatkan sesuatu.
SAya gembira ilmu saya terpakai karena ada seorang yang bertanya mengenai fermentasi pakan kambing, IA mau berenana bertenak kambing pada usia penisunnya nanti. Ia tidak akan mau lag bekerja sprti yang ia jaani hari ini. pAdahal saya meliatnya pekerjaan yang di lakukan adalah pekerjaan yang mulia tetapi bairlah smeua orang khan punya plihan hidup.
SAya ingta bagaimana saya memfermentasi rumut gajah PAnicum Maximu dengan bantuan dedak. ada juga yang menggunakan urea Cuma saya lupanya apakah urea yang dipakai urea pupuk. KAlau urea pupuk bisa gawat nanti orang bisa mati.
saya senang ilmu saya terpakai dan menjadi ilmu yang berguna. Menyebar ilmu juga nanti orang memakainya. MMenga kadang orang memakainya untuk sesuatu

Rasa penasaran pada karya kita

Kemarin malam saya bertanya dengan seorang adik sepupu ibu menehani leluhur saya yang seorang pedagang kaya raya pada zamannya. Ia biasa berdagang ke arah Aceh menjual beberapa komoditas pertanian taua mungkin hasil tambang.
Saya terpuaskan dengan ia mmwpubyai keturunan Arab juga. Tetapi banyak sekali hal menarik yang saya seharusnya bisa mebggali. Contohnya saja apakah ia beristri satu saja. Yah di makam Leluhur saya istrinya habya satu saja tetapi bisa jadi beliau beristri lebih dari dua. Kita tidak akan tahu sebab tidak ada yang mencatat hal itu. Kemudian menariknya adalah apa komoditi yang dijual saya juga tidak tahu.
Sayang tidak banyak hal yang saya ketahui kalau saya banyak bertanya rasanya tidak enak apalagi cuma lewat wa nantinya mungkin teman-teman saya yang bisa menjelaskan dan kalau saya ke Turki mungkin akan saya mencari hal itu.
Saya rasa saya juga perlu untuk penasaran dengan tokoh kita sendiri . Jika sebuah roman kita pasti ingin tahu kehidupan kecilnya . Apakah ia hidup bersama keluarga atau bersama orang lain.
Penting sekali untuk menanyakan vagaiaman si tokoh memecahkan permasalahannya sebelumnya kita juga mengungkapkan apakah yang menjadi masalah dari novel tersebut. Terus banyak sekali hal yang bisa kita ceritakan. Entah banyak sekali yang bisa kita ceritakan lagi di cerita saya.

Bau Bangke

Bau Bangke

Sayatidak tahu kenapa rumah saya bau bange . Ini karena saya mungkin tidak menutup sela-sela yang tikus bisa masuk. Tidak seperti ettangga di samping depan rumah saya yang menutup kemungkinan dari masuknya Tikus.
Dengan demikian sulit bagi Tikus untuk masuk apalagi mati. Paling-paling kalau ada tikus mati didepan rumahnya saja.
Kadang saya harus mencium bau busuk karena ada bangke tikus yang ad di got dan mau tidak mau saya harus membuang tikus memang tidak jauh. BEruntung saya di perumahan ada tempat buang sampah yang bisa membuang bangkai tikus, kucing, curut, burung danlain-lain. DI beberapa perumahan tidka ada pembuangan sampah yang hanya kcil saja. SAya membayangkan sampah-sampah bau itu kaan menyengat untuk waktu seminggu. Setelah itu memang sudah gak bau lagi.
Kemarin saya mencium bau busuk. Otak nalar detektif saya mulai bekerja dan mengendus itu ke got. ALhamudlikllah tidak ada tetapi tetap saja rasanya bau dan saya tidak nyaman.
Tahulah bahwa bau tersbeut dari busuknya bahan makanan yang di sebelahnya rumah tetangga saya bukan yang tadi. Rupanya ada bahan daging atau ikan. SAya lebih menyangka itu adalah ikan karena ada rasa amisnya.
oleh karena itu saya harus beroteleransi tidak perlu mengungakp lagi atau menyindir apalagi samapai mencaci maki. Toh orang itu saya kira masih baik biarlah nanti sabar saja dan mendapatkan pahala.

Nanam bibit kurma

Bibit kUrma banyak

Tanpa sada saya menanam banyak sekli kurma. Ayangny alahan saya yang tertutup dnegan semen semua tidak memungkinkan saya untuk menanam kuma. tetapi saya kira saya tidak perlu risau. Kenapa saya tidak buat saja bebrabgai anyak bibit dan nantinya bibit tersebut akan dijual . Memang harganya murah seklai bibit kurma saya lihat cuma speuluh ribu tetapi saya pikir 10 ribu juga uang kenapa saya tidak melakukan sesuatu kebaikan sekarang juga.
Mudah-mudahan saya bisa banyak megembangkan. Padahal yang saya lakukan cma mencuci biji an kemudia menjemurnya. Tidak saya niatkan kurma untuk benih namun akan saya olah menjadi minuman biji kurma. Caranya dengan menjemur dan sebagai atau sekitar segenggam biji sudah saya keringkan kemudian saya jemur dan akhirnya saya gongseng seperti kopi. HArumnay seperti karamel dan enak tidak pelru khawatir cuma asapnya saja yang banyak dan kalau ventilasi tidak bagus maka seluruh asap akan membuat rumah kita full asap seperti gerbong kereta api.
Rasa minumab biji kurma memang seperti jamu tidak mirip dengan kopi tetapi lumayan saya saja ga pake gula bisa meminumnya karena tidak begitu pahit tetapi rasanya tetap beda. Apalagi kalau penggila kopi sudah tahu bahwa itu bukan kopi meski

Terperdaya Sinetron

Sebenarrnya saya dari dulu tidak menyukai sinetron atau setidaknya kurang menyukai apalagi sejak timbulnya minat baca saya.Tetapi karena saya dudk di ruang tamu dan menghadap ke tv saya nonton ratusan episode tukang bubur naik haji yang tukang buburnya sudah gak ada tapi tetangganya masih ada dan terus berakting. Banyak sekali artis nih sinetron seperti reunian saja.
Ada berbagai masalah seperti kehidupan yang kita temui di tetangga kita tetapi kita yang menonton di layar kaca.
Tadimalam kalau saya tidk berinistaif untuk menaruhlaptop di depan tV saya tidak akan bisa untuk melanjutkan cerita saya Ini memang tidak efektif tetapi lebih baik daripada tidak bekerja sama sekali. Saya bisa memadukan kegiatan ini . Kalau untuk pekerjaan memabca atau kita bekerja mengolah data maka kita bisa dilakukan tanpa adanya TV atau juga Radio.
Terkadang TV atau Radio akan membuat konsnetrasi kita menjadi buyar. Kita cenderung lebih mmeilih salah satunya. BIsa kita mencueki TVnya atau Radioanya atau kita bisa mencueki keduanya. Ah, kalau kita mencueki keduanya maka apa yang kita mau terima mungkin pikiran kita lagi terbang e angkasa dan jauh ke sana. Sehingga kita tidak lagi kembali untuk meneruskan pekerjaan kita.
Apalagi kalau menulis sambil browsig yah sudah merugi . Kalaukita browsing data kita berguna tapi tulisan tidak jadi Kalau kita menulsi maka tulisan kita selesai tapi data kita habis. Untuk itu kita harus terus berusaha terus dan bekerja hingga kita mendapatkan cita-cita kitsa sesuia dnegan target kita.

Jangan terpengaruh game

JAngan terperdaya game

Awalnya pada bulan RAmadan saya sudah pernah mempunyai game ini selama sepuluh tahun saya kira tetapi saya sudah dua kali menamatkan kampanye dalam game. Ada kesisengan yang saya laukan dengan sampai menonton Youtube untuk mendapatkan trik untuk menamatkan game tersebut.
Akhiranya saya jadi kecanduan lagi. Inijustru tidak benar awalnya untuk iseng-iseng saja kini menjadi kecanduan. TAdi sampai sekitar satu setengah jam untuk game dua kali kampanye. SAya kira saya harus terus menulis . Tertarik dengan rintangan saya ingin melanjutkan game tapi saya sudah bertekad untuk menulis karena itu saya akan selesai menulsi baru saya main game lagi, SAY aptok saja dua ribu kata saya barus bisa main game dua ribu kata untuk novel saya terbaru Bayazid versus Timur Lenk.
Dengan begitu sya bisa menyeelsaikan dan juga bsia main game. Tetapi aku pikir lagi. SAya sekali apalagi cuma game ecek-ecekan padahal saya bisa untuk membaca AL qur’aan atau membaca buku sejarah menegnai Mongol. YAh nanti saja deh kalau gitu main game kalau saya sudah merasa bosan dengan hal itu. SAya rasa saya akan main game kalau sudah selesai menulsi dan membaca belumlagi godaan soiocial media yang salah satunya facebook dan kadang saya juga harus melihat barnag-bdarng di toko online maka habislah waktu saya SAy arasa saya harus memanfaatkan waktu ini sebaiknya karena waktu tidka akan kembali hatta (walau) satu menit sekalipun. KIta harus bergerak terus dan ewajiban saya berbhasa Arab juga belum selesai. Wideh banyak sekali kewajiban tetapi kita lebih banyak menyaikan waktu.

Hobi kebun ada cacingnya

Saya belum begitu mengerti mengenai kebun meski saya suka membantu ibu saya. Salah satunya adlaah cacing. Di tanah cacing bisa untuk menyuburkan tanah karena ia mengolah jasad renik menjadi lebih berguna sehingga tanah porous.
Saya cukup geli walau biasanya saya suka memberikan cacing pada ikan mas . Ikan mas sangat menyukai cacing tersebut. Namun dengan munculnya banyak cacing di tempat pot sebenarnya bisa menganggu. Kalau membanyak bisa jadi selurih pot penuh dengan cacing dan akan memakan seluruh tumbuhan . Mungkin tidak akan mungkin karena lagibbanyakbsaja cacing akan berlari dari pot maksudnya merangkak ke luar saya kira Tidka akan terjadi.
Memang hobby yah tebtuvsaja ada nilai plusnya dan minusnya bergantung dengan kita apakah kita mau terusin hobby kita.
Cuma enaknua hobby tanaman adalah kita tidak terlalu pusing dengan karena kita tidak perlu tiap hari ketemu dengan tumbuhan atau kita tidak perlu untuk mengurusi tumbuhan. Ada yang sekali sehari mengirma tapi ada juga yang seminggu sekali. Apalagi kalau di musim hujan. Oleh karena aitu saya tetap memelihara tanaman terutama tanaman Tin dan Bidara. Tetapi saya akan tetap terus memelihara akarena mebyirmanya dua hari sekali saja dan tidak sulit untuk merawat tanaman m kalau kita bandingkan dengan memelihara aburubg atau ayamnmaka repot sekali kadang kandang perlu dibersihkan dua kali sehari . Wah ini tentu cape sekali namun karena sudah hobi tetapi saja orang yang mau melakukannya.

Tidak Terpatok Bagian Awal

Menarik sekali yang dikutib dalam buku Zainal Hasibuan bahwa kita harus menulis tidak mesti didepan. KAlau memang semua orang enaknya menulis dari awal supaya kita mengetahui aliran sepertinya air yang mengalir. KAlau kita menulis ditengah ada rasanya kita tiba-tiab neyelonng saja tanpa ad amau kita mau bekerja.
SAyngnya memang kalau kita terapatok di bagian awal kita menjadi stagnan. Ini salah satu stagnan misalnya ingin menyambungkan ke bab akir kita jadi stagnan,
Coba kita memulai dengan awal kalau itu bisa namun kita bisa muai kalau perlu dengan akhir, Seringkali ide itu muncul apda bagian akhir. MIsalanya kita ingin menceitakan seorang panglima yang setia pada rajanya hingga akhir ayat maka kita harus menggambarkan bahwa orang tersebut setia dan sampai akhir tua membela.
KIta pasti tidak langsug bisa menenak siapa si panglima tersebut akrena mungkin kita belum ada ide. Lain halnya dengan rang yang sudah experts mungkin sudah biasa untuk membuat tokoh bolak balik.
Kalau yang belum biasa maka kita akan menulsi . Inis Seperti prinsip mendaki gunung everets . Kita tidak lagsung berjalan dahulu ke atas puncak tetapi yang kita lakukan adalah dengan cara menaiki di pos tertentu . Kemudian kembali lagi ke bawah. Kemudian lansgung naik ke pos 2 dn seterusnya sehingga bisa mencapai puncak atas.
Tentu saja kita harus semangta untuk membuat cerita kita sampai habis dan jangan terpaku. Terkadangmemang menyambungkan dengan akhirnya susahnya bukan main dan ini pekerjaan yang tidak mudah sehingga putus asa. Atau kalau sudah pada bagian akhir kita menjadi malas. Yang penting tentu saja jangan malas mau memakai cara apapun menulis kita arus mengoyangkan jari kita agar sealu untuk menulis.

Merapikan ruang Kerja

Merapikan ruang kerja

Dulu aku bekerja di firma kecil dengan tumpukan odner atau kumpulan berkas yang berantakan Si pemiliknya selalu membiarkan karena ia akan mencari odner tersebut.Ketika ia membutuhkan beberapa data.
Aroma kantor menjadi tidak sedap aku duga mungkin debu yang menempel di odner tersebut. Sampai ada yang menyeletuk bahwa apa ini kantor? Celetukan itu tetu saja tidk menyakitkna tetapi harus kita lihat.
Karena kru kami semuanya laki-laki tidak ada yang bisa melakukan perapian ruang kerja tersebut.
SAmpai pada akhirnya seorang perempaun masuk di kantor kami dan ia melakukan perubahan yang sangat besar sekali. Ia membuat kantor tersebut rapi dan ia membuat suasana kantor baik. Tteapi itulah kelebihan perempuan yang bisa merapikan .Saya rasa saya harus bisa meniru dan saya akan merapikan ruangan kerja saya yang penuh dnegan odner dan penuh juga dengan kertas. Hal yang paling banyak adalah buku yang masih banyak bertumpuk di dalam.
Saya