Tidak Efektifnya Sisitem Targetku

Aku menjadi tertipu kembali dengan sistem target. Patokan 1000 kata menjadi molor karena aku juga tidak memenuhi target seperti yang aku harapkan. Apalagi mau nulis buku yang lain jadi sama sekali tidak menulis.Mungkin saya akan memberi alokasi waktu saja pada setiap aktivitas sehingga saya tidaktertuju pada satu kegiatan saja.

Hal ini tentu membuat kita stress kalau kita tidak bisa mencapai target-target yang sudah kita tetapkan. Aku juga merasa menyesal telah meninggalkan pekerjaan menjadi penulis buku studi kelayakan tapi apa boleh buat, saya mempunyai pekerjaan yang lain sehingga saya harus berkonsentrasi di tempat lain.

Sebenaranya jujur saja kemandekan yang membuat kita tidak mampu menyelesaikan target sedangkan kalau kita carikemandekannnya adalah diri kita sendiri. Kita sudah menetapkan tujuan tulisan namun kita tidak menggunakan.PAdahalmenulis itu samaseprrti untuk menonton kembali sebuah filem. Kita sudha menentukan tokh dalam tulisan kita ceritakan apa yang terjadi dengan tokoh tersebut. Ada sebuah masalah yang arus diselesaikan dan kita sudah membuat akhir cerita tersebut. Lika-liku dalam cerita tersebut sudah ditentukan sebelumnya. Namun sama saja dnegan skripsi, biar kita sudah menuliskan rangkanya kalau kita tidak mau mengerjakanannya maka kita tidak bisa menyelesaikannya untuk waktu yang lama.

Saya akan memabtasaipenulisa novel setidaknya 30menit saj auntuk 1000 kata. Kalau kita sudha menusli idenya aku yakin 30 menit juga cukup dan aku juga akan membatasi untukbuku sejam 1000 kata.Aku akan menulis sebanyak 7 jam untuk satu bab perminggu artinya sejam saja dalam sehari untuk statistik deskrptif maupun probabilitas.

Yang paling berpengaruh adalah internet. Tadi pagi saya sudah menghabiskan setidkanya sejam untuk browse yang menurutku tidak terlalu penting. Memang banyak info penting tapi aku juga mengklik untuk berita bola dan selibriti.Aku ingta kata penulis bahwa internet justru membuat kita menjadi tidak efektif di pekerjaan kita sebagai penulis.Maunya saya akana matikan internet saja ketika bekerja namun rasanya berat sekali.

Kecanduan internet ini memang membuat kita  tidak efektif namun kalau kita tidak ada internet bekerja seolah menadi lebih malas lagi karena kalauada internet kita seolah hidup. Saya maungkin tidak bisa sedisplin kolega saya yang menulis dengan mematikan internet bahkan ia juga menulis nanti jika sudah ada konsepnya. Yang penting bagnya ia mempunyai jalan atau alur dari cerita tulisannya terlebih dahulu.

Halyang paling menggoda saya tentu saja faceboook sebab ingin mengetahui stats orang kemudian membaca berita-berita dari dunia Islam dan bahkan politik.

Untuk yang politiksaya masih bisa menekannnya.KAdang ada rahasia heboh yang diterbitkanoleh media sosial. Berita-berita ini lain dari berita mainstream sehingga saya amengklikjuga. Aku sadar bahwa politik bualan saja sehingga kinisaya tidak terlalu tertarik dengan politik.

2 thoughts on “Tidak Efektifnya Sisitem Targetku

Tinggalkan Balasan

