Hari sabtu mmemang hari yang ramai sekali karena banyak dosen yang mengajar dan kelas juga banyak sekali. Oleh karena itu saya lebih banyak mengobrolnya daripada saya bekerjanya. Wong nagar cuma satu setengah jam namun mengobrolnya bisa sampai empat jaman. Saya sudah menyadari ini tidak efektif namun tidak apalah karena saya akan menulis di hari minggu ini. Saya akan menulis minimal novel atau cerpen dan jurnal saya.
Saya sadar bahwa saya tidak muda lagi oleh karenanya saya harus sibuk. Kini pekerjaan saya belum juga bagus dan masih terseok-seok. Aku sadar bahwa aku harus lebih bekerja keras dari teman-teman yang sudah mempunyai pekerjaan yang tetap. Aku terbatas dengan  fisik yang tidak begitu kuat. Aku baru mengajar sekali saja rasanya bagaimana gitu. Yang menjadi perasaan saya adalah karena saya belum punya kendaraaa. Ah minder. Tapi khan anggap saja bahwa saya punya kenaraaan tapi tidak menggunakan dengan alasan efisiensi. Saya juga punya teman yang hingga tua tidak mempunyai kendaraan. yang penting kita enjoy saja.

20150308-LancasterPA-LandisValleyMuseum-Blacksmith (6)
Ketika kau sudah mempunyai pangkat doktor juga aku berniat berjalan kaki asal aku mempunyai penghasilan yang tinggi. Ada seorang teman  yang mempunyai gelar doktor dan mempunyai pekerjaan di bank Indonesia juga masih naik kereta. Ia sudah sering bepergian ke luar negeri.

Bukan berrati orang yang mempunyai mobil itu sejahtera semua. kalau supir angkot maka mereka tidak mempunya penghasilan seperti pekerjaan pegawai negeri sipil atau pekerja swasta.

Yang penting rasa mnder tersebut harus dikalahkan terlebih dahulu. Kita mengajar selain untuk mencari nafkah juga untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga, Mengajar itu sesungguhnya asyik karena kita memberikan mereka ilmu yang berguna bagi mereka dan agama mereka. Pahala kita mengalir ke mereka dan kita akan mendapata berlipat-lipat jika kita ikhlas.

Jangan khawatir dengan masa depan dosen karena menurut Om Rhenald Khasali nantiya dosen akan mempunyai penghasilan yang baik. Aku yakin dengan hal itu. Dengan banyak menulis, kita akan mendpatkan lebih banyak lagi penghasilan dan jangan lupa kita mendapatkan pahala.

Tinggalkan Balasan

