Mulailah dengan pertanyaan

Kalau siswa lain menjawab pertanyaan dalam kata-kata yang hampir setengah halaman lembar jawaban yang selebar kertas folio. Saya hanya menuliskan 2-3 baris jawaban saja yang paling banyak. Untuk pertnyaa jelaskan atau terangkan. Mungkin saya hanya menjawab initinya saja karena saya hanya menghafal bagian intinya saja. Penulis merasa cukup karena tulisan yang banyak dan kecap saja tidak bermanfaat. Oleh karena itu penting bagi kita untuk selalu melatih untuk menjawab pertanyaan. Kita menjawabnya dengan benar dan tanpa ada rasa kecap. Bentuk jawaban adalah mengemban dari inti dari pikiran kita dengan sejelas-jelasnya.

Sama demikian dengan tulisan kita mengembangkan tulisan dari kerangka pikiran yang sudah kita buat. Lalu kita bisa membuat kerangka dari sejumlah pertanyaan. Pertanyaannya kini adalah dari mana kita memperoleh pertanyaan tersebut. Bagi yang mau menulis tentu saja kita buat pertanyaan sendiri.

gull-857447_640

Kedengarannya lucu untuk membuat pertanyaan senidri dan menjawabnya sendiri tapi itu tidak masalah. Kadang saya sebagai dosen memberikan tugas membuat pertanyaan dan memberi jawaban sendiri. Pada bagian lain dosen juga sering memberikan tugas berupa studi kasus yang harus mereka pecahkan.

Dengan sejumlah pertanyaan-pertanyaan kita ini membayangkan seorang pembaca yang belum tahu apa-apa kemudian kita igi tahu mengenai cerita tersebut. Kita harus memberitahukan ide-ide yang kita mau berikan pada orang lain.Kalau kita ingin menceritakan seorang tokoh,kita ceritakanlah tokoh-tokoh tersebut. Apa ciri dari tokoh tersebut dan apa sifat dari tokoh tersebut. Kita memberikan ceritanya bagaimana perjalanan dari tokoh tersebut.

Kalau ada sebuah pertanyaan maka kita harus memberikan petunjuk Jalan. Orang mau jalan ke arah kota dengan sepeda motor dari salamba.Kita tunjukkan bahw amereka tinggalmengambiljalan lurus saja menembus eberapa lampu mereah. Mungkin bagi sebagian orang jelas dengan perkataa tersebut namun sebagian orang akan susah menerimanya. Yang penting kita harus menuiskan sejelas-jelasnya nanti akan kita lanjut lagi dengan pola pertanyaa 5w + 1h

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s