Berleha karena referensi

Kalau kita mencari bahan kadang kita tergoda untuk mencari bahan yang lain. Misalnya saya mencari bahan mengenai berapa jumlah kompi dalam tank atau tank company. Saya tidak langsung mendapatkan jawaban yang pas karena saya mencari dengan google seperti kata tank terlebih dahulu. Di sana saya mendaptkan bahwa ada beberapa halmengenai tank kemudian saya tergoda untuk mencari kata flame thrower tank. Itu saja bisa menghabiskan waktu beberapa menit dan akhirnya saya balik kembali mencari company tank yang berisi 13 tank untuk Rusia sengankan untuk tank-tank eropa berukuran sekitar 10 tank.

Setelah itu bukan godaan lagi namanya kalau tidak menggoda. Sayapun membaca mengenai tank tersebut dan memang menambah pengetahuan terutama nantinya akan saya buat untuk menggambarkan tank pada novel yang sedang saya kerjakan.

Tapi setelah mendapatkan bukannya mengerjakan kembali malah melihat media sosial lagi. Waduh… memang godaaan internet ini besar sekali. Kita sangat senang melihat status orang lain walaupun kita sendiri tidak membuat status. Memang ada kebaikan dalam status-status tersebut seperti mengajak kita untuk beribadah dan bersabar namun tetap saja menghabiskan waktu. Kadang saya bisa menghabiskan 30 menit atawa setengah jam untuk ini saja .

jelas bahwa perbuatan kita di internet menghabiskan waktu dan kita jadi tidak fokus dalam kerjaan . Oleh karena itu kita harus terlebih dulu menentukan informasi apa yang mau kita cari. Kita catat terlebih dahulu dalam catatan dan kita buat checklist. Kalau kita sudah selesai, langsung kita matikan internet dan kita bisa saja bermain social media namun kita harus menjaga waktu juga.

main-battle-tank-885349_640

sumber pixabay

Tinggalkan Balasan

