Kalau Kecapin Novel

Menambah cerita pada saat novel sedang dibuat

Ketika novel sedang dibuat dan sudah mendapatkan perencaan sebelumnyatetapi kita tidak bisa lagi meneuskan cerita padahal kita sudah berencana untuk membuat novel yang setidaknya 40.000 kata maka terpaksa kita ngecap. Seperti halnya kita menulis jawaban dalam esai yang ditulis oleh guru kita maka apa yang kita kerjakan.
Kita menggunakan jurus kecap  yang kata-katanya banyak sehingga kita mempunyai jawaban yang banyak. Kadang dosen atau guru ada saja yang doyan kecap tersebut daripada jawaban yang tidak ada bumbunya sama sekali. Jawaban yang tidak ada bumbunya tersebut seperti yang singkat-singkat saja. Jawaban ya atau tidak plus penjelasan sebanyak satu kalimat saja. Sedangkan yang doyan kecap makaia akan menuliskan jawaban samapai satu lembar. Kadang saya suka stress dengan orang yang demikian mengapa mereka bisa menjawab begitu banyak sola sedangkan sya hemat sekali. Unuk mikir satu paragraf yang terdiri dari dua kata saja bukan main sulitnya.
Kalau sola menambha boleh-boleh saja atau kecap kalau kata-kata kita menjadi laku maka bisa jadi kata-kata kita akan bisa dijual permasalahannya adalah kalau kata-kata kecap kita ini rasanya macm-macam dan tidak selaras dengan hal yang mau kita angkat maka kecap tersebut tidak akan laku.
Untuk mencegahkecap memang pakai perencanaan menulis novel tapi sayangnya menulis novel sesudah rencana juga kadang masih kurang.
Inilah gunanya kita fleksibel dalam menulis novel rencana satu gagalkita bisa menggunakan rencana yang lainnya sehnga kita tidak merasa stuck atau terbentur pada bagian tertentu saja.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s