Tidak boleh mengajari orang

Aku melihat ada seorang ayah di shubuh hari dekat dengan rumahku. Ia mengajari sang anak yang masih kecil untuk mempelajari sepeda roda dua. ia memegang tubuh anak tersebut dan suruh mengayuh sepeda tersebut.
Senang sekali rasanya mengajari anak sendiri untuk berlatih keterampilan. Hari minggu memnag hari yang tepat untuk bekrumpul dengan keluarga.
Aku melihat anak tersebut belumlah mampu karena ia masih bersadar pada dada ayahnya. Ia memang sudah bisa menggowes namun ia juga kadang menggowes ke belakang yang menyebakan sepeda tidak bisa berjalan ke depan. KAlau make remtorpedo maka sepeda langsung berhenti ketika mengayuh ke belakang.
Aku ira yang paling bagus anak tersebut di kasih roda empat terlebih dahulu yakni roda dua kecil ang menjadi penyangga untuk menjaga keseimbangannya. Nantia ia bisa untuk menyeimbangkan diri.
Pengalaman saya memang sulit sekali untik menyeimbangkan karena saya berhenti untuk menggowes. Teman sempat menyarankan untuk tiga roda yakni melepas roda satu disebelah. AKu kira itu tdak bisa karena akan berat sebelah. Inilah salah satu saran yang tidak saya laksanakan hingga hari ini.
Say amenurut dorogan dia terus menggowes dan menggowes sehingga saya bisa bersepada dengan seimbang. Hal yang menyebabkan seimbang karena kita terus bergerak dan tidak ada kata berhenti. Jika kita menulis terus menerus uga nantinya akan seimbang kita menemukan slagnya.
Oh ya kok melantur ke masalah sepeda. Yang menjadi maslaah adalah saya tidak berkata pada orang tau tersebut untuk memberikan saran.Aku khawatir aku cerewet dengan memberitahu hal itu. Kau pikir orang tau lebih tahu yang terbiak untuk anaknya. Lagi pula itu perkara naik sepeda. Setiap orang punya gaya masing-masing. Saya yag menngajarkan sepeda saya adalah sepupu saya dan teman saya. Saya mendapatkan pelajaran dari mereka.
Kini salah satu teman saya tidak tahu dimana keberadaan. semoga ia mendapatakan pahala atas kebakannya padaku.

Tinggalkan Balasan

