Konsisten Penamaan

Ada sebuah cerita kuno dari China Tetang epik sejarah tiga negara yang cukup membingungkan . Karena si tokoh disebut Kwan Im di seri awal dan Kwan Kong di seri kedua. Kalau masalah komik perbedaan nama ini tidak seberapa sulit karena nantinya si pembaca akan bisa mengenali ternyata dua nama ini adlaah yang sama.
Bagi saya saya juga sering menuliskan nama yang berbeda untuk merujuk pada satu tokoh. Pasti si pembaca binggung karena mereka tidak tahu mengapa tiba-tiba ada dua jagoan yang muncul dalam satu novel tersebut.
Terkadang Masalah konsisten bukan tokoh saja namun termasuk setting. Kadang mereka menamakan kota A tetapi di satu tempat menamakan kita B untuk rujukan tempat yang sama seperti kota kelahiran sang tokoh.
Saya sadari bahwa saya sedang membuat sebuah kekeliruan dalam buku saya yang sudah di rewrite dua kali. Saya binggung untuk menuliskan apakah ini pasukan Garnisiun yang menjaga benteng atau detasemen. Kalau pasukan yang menjaga markas memang disebut Garnisiun atau kalau bahasa Inggrisnya Garrison tetapi kalau detasemen lebih luas karena pasukan yang akan saya ceritakan ini adlaah pasukan Jazak milik Shalahuddin yang memiliki kemampuan untuk melakukan misi rahasia seperti sabotase terhadap kedatangan Raja Frederick Barbossa. Mereka sangat berjasa menghancurkan Barbarossa. Aku mungkin akan menggantinya dengan detasemen saja biar lebih mudah. Penggunaan Garnisuin memang lebih keren daripada detasemen tetapi saya sadar harus konsisten agar saya bisa mempunyai tulisan yang baik dan mudah dimengerti oleh pembaca saya.

Tinggalkan Balasan

