Mengikuti Penulis Novel Lain

sebntar lagi ada sebua acara dari urusan komunikasi yang ada di kampusku. akukira nanti acra tersebut menghadir karena mendatangkan langsung ahlinya yang akan membuat kita banyak belajar dari penulisan novel. Penting sekali kita untuk mengetahui cara dan kiat seorang novelis menulis karena kita akan meniru dari sana bagiamana kita menulis.
Saya akan merasakan pengalaman si penulis bagaiman ia menulis. Tebakanku saya yakin bahwa ia sulit dalam menulis awalnya. Memang ada penulis yang sudah mempunyai bakat menulis dan kalau tidak menulis rasanya hampa tetapi bagi yang menulis dengan "terpaksa" mungkin akan sulit.
Ada beberapa hal yang akan saya tanyakan dan mudah-mudahan si penulis bisa menjawabnya karena ini penting sekali. Saya akan menanyakan berapa waktu yang ia butuhkan untuk menulis . Biasanya kalau yang sudah menjadi pekerja menyediakan waktu 9 jam untuk menuis. Tentu saya yang merupakan kerja sampingan menulis tidak mungkin untuk bekerja seberapa besarnya seperti itu. Saya hanya bisa kerjakan sekitar 3-4 jam itu pun belum konsisten. Kalau Bang Jay teroris menyarankan agar minimal sejam kita menulis dan ia mempunyai puluhan buku yang sudah diterbitkan.
Memang setiap penulis ada yang efektif dan ada juga yang tidak efektif . ketika mereka menulis sedikit mereka mempunyai tulisan yang baik sebaiknya tulisan yang lama tidak menghasilkan tulisan yang bagus .
Kalau saran saya lebih baik kita gunakan waktu proporsioal. KAlau kitaseorang siswa utamanya khan belajar maka ia harus menggunakan waktunya untuk belajar atau seorang dosen menggunakan waktunya untuk mengajar. Maka saya seharusnya mengajar lebih banyak dari menulsi.
Baggaimana kalau bisa mensikronkan. Jelas ini bisa dua kali lebih baik karenannya kita bisa bekerja sambil menyalurkan hobi kita.

Tinggalkan Balasan

