Novel yang tidak direncanakan

Kalau kita mengerjakan sesuatu dengan rencana maka kita akan terus melakukan pekerjaan tersebut hingga akhir atau hingga selesai.
Saya pernha mengerjakan sebuah novel yang saya kira akan selesai walau tanpa banyak perencanaan yang detil. Akhirnya saya berhasil jua menyelesaikan masalah tersebut.
Ketika sebuah ide yang sangat unik saya mencoba untuk menulis dan terus dengan lancarnya saya bisa menyelesaikan separuhnya banhb saya bingung karena baik dalam hati maupun dibatas kertas saya tidak merencanakan dengan benar..
Ada pepatah gagal merencanakan berarti juga merencanakan untuk gagal .Tentu kita tidak mau menuju sebuah kegagalan karena setiap orang ingin sukses.
Saya yang sudha terlanjur menulis separuh binggung juga mau dikemanakan tulisan ini. Tetapi aku yakin tidak ada yang percuma dalam hidup ini. Kita harus menggunakan ini sebagai pelajaran.
Apakah ini sebuah alasan agar aku tidak menyelesaikan novel yang saya buat.
Aku memang kurang gigih dalam hal ini untuk menyelesaikan novel
Seharusnya sekarang adalah menentukan the end dari cerita kita. Tidak perlu kita ragu dengan hal itu
sampai kita menyelesaikan novel tersebut yang nantinya kita aka senang setelah novel itu selesai. Mungkin kita akan hsa menyelesaikan novel kita da kita tinggal mengedit jika ada kesalahan dalam novel kita.

Tinggalkan Balasan

