Langsung Edit Kalau menggunakan Perekam Suara

SUlit untuk mengedit kalau sudah lama

Akhir-akhir ini saya menyadri bahawa sebagai penulis amatir kita harus mempromosikan karya kita. Kalau sya ingin mempromosikan pada Kompasian. Siapa tahu saja ada yang kepincut dengan cerita saya.
Oleh karena itu saya menuliskan cepren melalui perekam suara.
Jika pekerjaan novel atau cerita pendek belum kita selesaikan maka bisa jadi itu akan membebani kita saja. Seharusnya kita terus bekerja hingga kelar. Saya sadar bahwa perencanaan yang matang akan mem.
Tampaknya saran Mbah Diponegoro bahwa kita harus menulis kerangka sepuluh dan kemudian mengamatinya maka itu berlaku pada saya. Saya pernah membuat cerpen tanpa menentukan dahulu tetapi itu jarang.
Saya menulis novel terus saja begitu ada ide. Langusng saya gunakan Google Keep dan merekamnya dengan suara saya yang kurang merdu ini. Tulisan yang dihasilkan tentu saja banyak yang salah dan aku harus perbaiki.
Awalnya saya membaca dengan tenang namun di belakangnya tulisan tersebut menjadi seolah keriting yang saya menjadi binggung karenanya.
Makanya saya sudah tidak mau lagi mengabaikan novel.Akhirnya ide saya menghilang begitu saja. Mau saya benerin tetapi rasanya pusing sekali. saya jadi mau meninggalkan seolah saya melihat sesuatu yang horor.
Tulisan saya berupa horor karena katanya tidak nyambung dan ada tanda titik.Ini mungkin salah satu kelemahan dari menulis dengan suara. Kalau diperbaiki harus pada hari itu juga agar memori kita tidak kepakai .
Oleh karena itu penting seklai memperbaiki tulisan dari suara karena akan lupa dalam beberapa hari. Yang penting juga kita harus tahu kerangkanya yang menjadi panduan atau peta kita untuk menyelesaikan cerpen kita.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s