Siapa saja yang menanam akan memanen

Ini peribahasa Arab yang harus selalu kita ingat kapan saja. Ada kalanya manusia lupa untuk menanam dan menganggap bahwa semua pemberian akan ada. Kalau masanya purbakala atau food gathering maka kita hanya ingga mmetik buah di depan rumah kita.
Iakn yang ad di air bahkan menghapiri kita tidak perlu lari dari kitakarena saking sudah banykanya hewan di tempat kita. Bahkan ada hewan yang menawarkan badnanya untuk idmakan manusia tnpa berlari.

Masanya berbeda karena manusia tidak sedikit melainkan beranak pinak dan ia membutuhkan makanan. Kadang berburu juga tidak cukup meski ke ujung hutan. Mereka akhirnya meutuskan untuk menanam sendirianamanmerek ayangada di hutan untuk menjamin ketersediaan pangan . Kalau menanam juga tidak perlu mereka jauh memanen . Orang juga sudha mulai mengumpulkan hewan-hewan liar untuk makanan mereka. Tetapi juga mereka akan menggunakan sebaga alat transportasi.
Kalau kita ingin memanen kita harus menanam . kadng kita menanam hasilnya tidk ada karena ada penyakit tanaman atau hama yang memakan hasilnya terlebih dahulu. Kalau mau matang biasanya biantang liar yang lebih memakannya terlebih dahulu seperti kera dan babi. Burung-burung hanya memakan sebagain kecil saja namun hal tersebut juga mengurangi.
Kalau yang menanam saja tidak mendapatkan hasil bagaimana yang tidak menanam.Oleh karena itu ini juga menggiatkan saya dalam menulis dan untuk menulis apa saja. Bagiku menulis pasti akan kit apanen suatu saat. Kesusahan tersebut jelas ada namun nantinya kita akan menemuiseluruh keberhasilan kita.walau mungkin kita tidak akan mendapatkan uang seperti yang kita perkirakan sebelumnya namun bisa jadi kita mendapatkan sesuatu yang lebih baik dari uang sendiri. da kepuassaan yang lain daripada sekedar uang saja.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s