Jangan membiarkan Melantur

Kalau kita pake jurus kecap dalam menjawab yang penting banyak agar dosen atau guru kita senang dan memberikan nilai yang tinggi bagi kita maka itu tidka berlaku dlaam menulis novel. Kita bernafsu untuk membuat ratusan bahkan ribuan halaman hanua membag karena syarat sebuah novel minimal 40.000 kata dan sampai ribuan kata maka kita menjadi doyan kecap.
Katlai memang menulis kecap denhan baik yakni antara satu kalinat dengan kalimat yang lainnya menyambung dan tidak melenceng pada cerita its ok.
Mungkin itu adalah penghayatan dari penulis yang ingin membuat detail atau mendramatisasi tulisannya tersebut.
Terkadang untuk mengejar puluhan ribu kata kita sampai berbuat menulis cepat semaunya saja. Kita menambahkan kata-kata yang percuma seperti sangat besar sekali. Kemudian. Sehingga namun . Saya menenukan ini pada tulisan saya sendiri. Kalimat yang tidak efektif dan cenderung akan membingungkan pembaca .
Lha wong penulisnya sendiri saja kebingungan apalagi pembacanya.
Mulai saat ini saya akan membuat kalimat lebih efektif walaupun tidak ada tuntutan dalam menulis novel kita perlu untuk membuat kata yang efektif seperti dalam pembuatan skripsi , thesis, disertasi, karya ilmiah dan karya bon fiksi lainnya.
Kita tidak boleh memanjakan kalimat yang tidak efektif yang membuat pembaca tidka mengerti. Bukankah kita mau jua untuk berkata dengan jelas. Menulis juga harus jelas dan apa yang kita mau sesuai dengan apa yang kita katakan sehingga pembaca juga menjadi senang rasanya.
Hal yang membuat saya ingin menambah kecap adalah karena di bagian tertentu seru sekali. Saya ingin di bagian tersebut ornag membacanya dengan lama sehingga teringta dalam pikiran mereka
Bukankah yabg seperti itu yang penulis novel inginkan. Nah kalau kita te untukrus melantur akivathay cerita gak selesai. Butuh satu penehasan membag di awla mau ke mana si tokoh

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s