Saudi Tidak Memberontak Utsmaniyyah

Maafku Pada Saudi

Beberapa bulan lalu aku sadara bahwa yang memberontak Khalifah Utsmaniyyah bukanlah SAudi Arabia. DI dalam kesempatan ini aku meminta maaf sedalam-dalamnya. Untung saja saya bukan seorang penulis buku atau seorang cendekiawan yang sudah mempunyai pendengar setia.
Aku hanyalah penulis amatiran dan paling yang mendengarku atau membacaku sedikit sekali. Dengan ini aku beristghfar dan tidak mengulangi kesalahan lagi.
Dalam ilmu sejarah kadang hitam tidak selalu hitam dan putih tidak selalu putih . Ada suatu garis yang kita ahrus perhatikan dan jangan sampai kita melihatnya seperti garis yang tegas.
Terkadang sejarah malah mencoba untuk mempersuasi diri untuk menoleranis setiap tindakan pelaku sejarah itu sendiri.
Tentu saja bukan menoleransi dir kita yang salah. Selama hidup di kandung badan kita harus selalu melakukan perubahan diri. Jangan biarkan diri kita membelok seperti yang sudah ada lagi.
Ini memberikanaku bahwa kalau kita sedang meneliti harus melihat semuanya .
Jangan kita baru mendapatkan kabar dari satu pihak maka kita langsung mengutip habis-habisan kabar tersebut sebelum adanya klarifikasi .Akhirnya kita membabi buta dan sudah membenci apa saja dan kita akan menyesal.
Menyesal memang tidak berguna. Tetapi setidakna bisa menjadikan pelajaran bagiku dan aku tidak akan lagi mengulagi kesalahan yang aku kira sangat bodoh tersebut.

Tinggalkan Balasan

