Penting Sekali Latihan

Kalau yang mengikuti latihan bela diri seperti karate , tae kwon do, Shorinji Kempo, Jiu Jitsu maka kebanyakan akan sering merasa bosan karena kita harus mengulangi jurus yang sama seperti memukul arah perut lawan, kepala lawan , dan leher lawan. Sepertinya hal yang kita lakukan tidak berguna karena hanya melakukan gerakan yang statis saja. Nah kalau anak-anak pasti akan bosan melakukan latihan tersebut karena kita tidak terbiasa untuk latihan seperti itu. Mereka juga tidak tahu apa maksud dari latihan tersebut. Tetapi nantinya mereka akan terbiasa kalau mereka sudah tahu apa dibalik latihan tersebut.
Hatta (maksudnya: bahkan atau even ) kita yang sudah master sekalipun harus berlatih. Seorang master pedang masih melatih gerakan pedangnya untuk menjaga reflek pedangnya. Bahkan ia berlatih berkali-kali untuk memasukkan pedang ke dalam sarungnya.
Pengetahuan ini menjawab pertanyaanku yang
lalu. Aku kadang bosan untuk menulis karena aku merasa tidak bisa-bisa. Padahal kata temanku aku mempunyai bakat untuk menulis. Aku setuju dengan hal itu.
Aku tahu bahwa melatih terus menulis seperti yang dalam jurnal ini melatih kita untuk menulis juga. Menulis aku kira menyebabkan kita ingin membaca literatur terlebih dahulu.
Aku rasa menulis jurnal atau diary seperti kita melakukan gerakan-gerakan dalam latihan bela diri. Kita bisa saja menganggap semuanya enteng tetapi inilah yang membentuk kita menjadi seorang penulis. Dengan memulai diary kita akan terbiasa dan bukan tidak mungkin menghasilkan ratusan ribu halaman atau bahkan jutaan halaman dari buku. Aku baru mengerti kalau seorang guru menyarankan untuk terus menulis jurnal yang akan membantu saya untuk menulis. Aku yakin aku bisa menulis banyak hal.

Tinggalkan Balasan

