Jangan Malas Mengedit

Malasnya megedit

Seolah mengedit bukanlah menjadi pekerjaan. NAh itulah yang banyak orang lakukan. aku menilai kalau aku bisa menulis banyak kata maka saya akan bisa untuk menulis banyak buku.Apalagi kalau kita baur mula. WAh namanya semangat seperti semangat 45 tidak akan terkalahkan kalau kita sedang bersemnagat.
Tentunya salah kalau kita hanya menulis saja padahal mengedit itu juga bagian menulis. Hanya saja mengedit tidak menghasilkan kata yang banyak karena tulisan sudah jadi terbuat sebanyak novel itu sendiri atau 40.000 kata . NAha kalau mengedit juga khan hanya untuk mengurusi masalah tupos yang tidak menghasilkan kata namun malah membuat perbaikan atau memperbaiki kata tersebut. Jumlah hitungan kata tidak berubah.
JAngankan penulis amatir seperti kita. Lha wong penulis yang sudah pro saja membutuhkan untuk mengedit tulisannya.
Kalau masalah typos mungkin tidak masalah karena kita bisa menggantinya dengan mudah namun kalau susunan kata yang salah ini sedikit lebih rumit. Ada kata yang mungkin kehilangan subyeknya. Biasanya sih subyeknya karena ada kata yang panjang sehingga melupakan subyeknya.
ada juga cerita yang satu dengan cerita yang lainnya menjadi tidak nyambung. Ini harus diteliti lagi dari awal penulisan.Memang ini tidak mudah dan kadang kita juga ada yang terlupakan . Tetapi jangan kahwatir semuanya itu bisa kita selesaikan dengan cara

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s