Riba Dimana -mana

Kini warga muslim sedang menggiatkan kampanye untuk melawan Riba. Sebab Riba adalah dosa karena sudha menzholimi satu pihak. Bayangkan si peminjam harus memabaar uang dalam tempo beberapa kali yang jumlahnya melebihi dari jumlah dasarnya bergantung dengan tenor atau lama pinjaman. KAlau kita memeinjam lebih lama maka kita juga harusmembayar lebih banyak lagi.
Tentu saja si pemberi pinjaman atau kreditur beruntung karena ia berhais menambah uangnya tanpa harus bekerja. Ia juga tidak akan menderita kerugian karena kalau merugi si debitur atau pemijam uang haru smembalikkan lengkap dengan bunga,
KAlau tiba-tiba debitur terlamabat maka ia akan didendaoleh si kreditur dan perhari dendanya besar. Semakin hari semakin besar dana yang harus kita bayarkan. Kalau lebih buruk lagi barang disita oleh bank. ada sebuah rumah yang harus dilelang 50juta karena utangnya pada bank tidak lebih dari nilai itu.
RUmah yang harganya bisa ratusan juta itu miris.
Banyak kasus seperti hutang kartu kredit bank menyebabakan orang meninggal karena disiksa di suatu tempat. Tetapi anehnya kasusnya terdiam saja.
Dosa Riba adalah melebihi berzina dengan orang tua sendiri. Allah dan rasulnya memerangi RIba. Suatu perang yang tidak akan bisa dimenangi oleh siapapun .
Kesadaran itu kita harus menghindari riba karena bukan hanya riba yang merugikan kita tetapi juga merugikan orang lain.
Hanya saja ketika kita emerangi riba jangan sombong. Saya sedih kalau kita sombong merasa yang paling benar. Tahu-tahunya kita juga maish makai riba. COntoh saja numpang di mobil orang yang masih hutang. Nah,ini khan sama saja menikmati riba, KAlau kita naik kendaraan umum juga sama saja karena pemilik kendaraan umum juga mengkredit.
Betapa beratnya untuk mengeluarkan dari riba ini tapi setidaknya kita bisa menghindari yang jelas dari diri kta. Kalau maslah samapai naik kendaraan tidak bisa karena riba sudah menjalar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s