Cangkokan buah tin yang akarnya rusak

Ada yang literatur yang menyebutkan bahwa setelah dua atau tiga minggu buah tin yang dicangkok akan berakar. Tentu saja aku senang membaca ini dan melihat kenyataan bahwa saya melihat bahwa akar di cangkokan menggunakan plastik kresek transpaan terlihat dengan jelas akar yang menguning.

Akar tersebut tumbuh diantara plasti tersebut. Saya tidak tahu apakah akar tersebut dari batang yang sudah dilukai kuitnya ternyata tidak. Memang ada yang menyarankan untuk mencangkok tanpa harus melukai kulit dari batang pohon tin. Saya sendiri mengikis kulitnya dan menunggu hingga getahnya kering karena dengan keringnya batang aan menghiangkan perlawanana dari kambium zat yang membuat batang membesar.

tin
tin

Saya khawatir juga dengan hal ini namun saya yakinkan bahwa ini akan saya catat sebagai usaha dalam pengembangan pohon tin. Nantinya saya bisa melakukan hal yang lebih baiklagi tanpa megurangi kesalahan di masa lampau.
Yah sudah aku pikr aku harus memperbanyak memang aku belum menjual tetapi aku ingin buah tin tekenal di pelosok Indoneseia aku pikir aku harus mneyebrkan ke kenalan dan saudara dan untuk selnjutnya. dari sini saya harapakna akan menyebar lagi ke kenalan dan kerabat sehingga buah ini menjadi terkenal di negeri Indonesia dan akan mempunyai turunan yang berupa tin varietas Indonesia .
Saya memang tidak sabar dan memotong batang saja dan menarihnya pada plastik keresek hitam yang sebelumnya sudah saya lubangi dengan gunting. Saya tinggal akan memberikan pada teman saya yang ada di Bekasi.
Saya sulit sekali membuat lubang di dasara pot kecil saya tidak mempunyai kayu dan aku kurangin sedikit saja tanah yang ada di dalam dan nanti ketika tanaman masuk maka saya akan memasukkan tanag lagi . Tetapi tananya belum menimbun seluruh akar.Saya dorong saja batang dan akarnya lepas. Saya menyesal tidak sabar dan khawatir dlam tiga hari pohon akan mati . Tetapi saya tidak begitu khawatir karena dengan ccara setek saja tanaman ini sebanrnya bisa tumbuh. Hanya saja saya khawatir buah yang ada di atasnya akan segera mengering.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s