Tidak Terpatok Bagian Awal

Menarik sekali yang dikutib dalam buku Zainal Hasibuan bahwa kita harus menulis tidak mesti didepan. KAlau memang semua orang enaknya menulis dari awal supaya kita mengetahui aliran sepertinya air yang mengalir. KAlau kita menulis ditengah ada rasanya kita tiba-tiab neyelonng saja tanpa ad amau kita mau bekerja.
SAyngnya memang kalau kita terapatok di bagian awal kita menjadi stagnan. Ini salah satu stagnan misalnya ingin menyambungkan ke bab akir kita jadi stagnan,
Coba kita memulai dengan awal kalau itu bisa namun kita bisa muai kalau perlu dengan akhir, Seringkali ide itu muncul apda bagian akhir. MIsalanya kita ingin menceitakan seorang panglima yang setia pada rajanya hingga akhir ayat maka kita harus menggambarkan bahwa orang tersebut setia dan sampai akhir tua membela.
KIta pasti tidak langsug bisa menenak siapa si panglima tersebut akrena mungkin kita belum ada ide. Lain halnya dengan rang yang sudah experts mungkin sudah biasa untuk membuat tokoh bolak balik.
Kalau yang belum biasa maka kita akan menulsi . Inis Seperti prinsip mendaki gunung everets . Kita tidak lagsung berjalan dahulu ke atas puncak tetapi yang kita lakukan adalah dengan cara menaiki di pos tertentu . Kemudian kembali lagi ke bawah. Kemudian lansgung naik ke pos 2 dn seterusnya sehingga bisa mencapai puncak atas.
Tentu saja kita harus semangta untuk membuat cerita kita sampai habis dan jangan terpaku. Terkadangmemang menyambungkan dengan akhirnya susahnya bukan main dan ini pekerjaan yang tidak mudah sehingga putus asa. Atau kalau sudah pada bagian akhir kita menjadi malas. Yang penting tentu saja jangan malas mau memakai cara apapun menulis kita arus mengoyangkan jari kita agar sealu untuk menulis.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s