Jangan berkepala Besar JIka Dipuji

 

Memang kebanyakan manusia senang untuk dipuji. Itu sendiri menjadi lumrah .Rasanya senang orang dipuji karena meninggikan derajat orang tersebut. Sebaliknya kalau dicaci maka ia merasa sedih dengan hal itu karena derajatnya masih rendah.
Pujian itu membuat orang menjadi besar kepala .Yah wajar saja usaha sudah tetapi masa gak dipuji.
Ah jangan besar kepala dengan hal itu karena akan membuat kita menjadi tidak berusaha. Orang yang sudah memebesarkan kepala maka ia akan lupa untuk belajar padahal seorang harus belajar hingga ia menemui ajalnya. Jangan kita sia-siakan dengan penuhan pujian saja.
seringkali pujian membuat kita lalai untuk memperbaiki diri karena kita merasa cukup. Yah in tentu saja yang mengharapakan pujian dari orang. PAdahal pujian tersebut seringkali racun yang membuat kita terlena. Seolah pencapaian kita sudah sampai saat ini sedangkan kita tidak memerlukan apa-apa lagi
LAin halnya dengan orang yang tidak mebgharapkan pujian pasti ia akan memperbaiki diri dan tidak besar kepala.Ia tahu bahwa kesuksesan bukan berasal darinya semata melainkan ada pihak lain yang membantunya.
IA bahkan melihat kekurangan yang ada di dalamnya untuk melihat itu. IA ingin melakukan perbaikan-perbaikan agar ia tidak tertinggal oleh orang=orang lain.
Sebagai manusia kita tidak akan sempurna namun itu bukan sebuah alasan agar kita berdiam diri untuk tidak melakukan sesuatu yang lebih baik.

KAlaukita ingin diuji berarati kita orangnya riya atau juga kita bisa tidka ikhlas. Amalan kita menjadi hilang karena hal ini tentu kita tidak mau amalan kita hilang karena niat kita yang sudah tidak benar dan inginnya dipuji saja. PAdahal apa sih pujian hanya ada di hati saja.

Terkadang memang sedikit pujian akan membangkitkan kita tetapi kita harus tetap ingat berbuat baik tersebut bukan karena pujian melainkan karena kita ingin mendapatkan pahala dari apa yang kita kerjakan. Pahala ini besarnya jauh lebih baik dari pujian orang. yang terkadang  hanya untuk menipu diri kita sendiri. Kita menjadi besar kepala.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s