Mungkinkah bangsa Pembantu terus?

Saya sedang membaca buku bangkit dan runtuhnya Dinasti Mameluk karangan Muhammad Suhail Thaqussy. Mereka adalah orang-orang budak yang berasal dari Eropa yang dibawa untuk kepentingan militer atau sebagai prajurit. Mereka berkulit putih kalau dalam benak kita mungkin kulit putih atau Kaukasoid adalah ras super daripada kulit coklat apalagi kulit hitam.
tetapi mereka yang didatangkan dari Rusia, SUngai Volga, BUlgaria, Kipchak dan daerah sekitanya. Mereka mempunyai penghidupan nomaden atau penghidupan yang berpindah-pindah. Mereka mmepunyiapostur tubuh yang besar yang menyebabkan mereka lebih kuat dari bangsa Arab itu sendiri. Mereka juga mmepunyai sifat yang berani.
KAlau mereka dahulu budak lama-kelamaan menjadi Amirdan lama kelamaan mereka menjadi Sultan.
Perubahan budak menjadi tuan ini mengisahkan kalau kita juga bisa menjadi tuan setelah kita bekerja dengan baik apapun posisi kita. Memang semuanya adalah takdir kalau kita mau berusaha setidaknya kita sudah mau berusaha untuk itu dan kita akan bisa untuk menjadi yang terbaik.
Ini juga membuat saya menjadi optimis. Mungkin bangsa kita adalah bangsa yang lama dijajah. Padahal tidak karena bangsa kita hanya sebentar saja dijajah oleh bangsa asing yakni belanda.Seharusnya kita tidak boleh “terlenakan” dengan hal itu

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s