Rasa Kopi Pahit

rasa kopi pahit

Beberapa minggu yang lalu seorang kolega mempost sebuah artikel kesehatan berjudul manfaat kopi bagi kesehatan manusia.Kopi memang dianggap biang beberapa penyakit walaupun tidak semuanya yang terbukti. Katanya darah tinggi sering diangap akibat kopi padahal zat kopi juga bisa mencegah struk.
Ada penelitian yang menyebutkan bahwa gula juga berperan pada darah tinggi nah loh? Kalau cerita dulu adalah kita harus mengurangi garam untuk menjaga agara darah tinggi kita tidak naik lah sekarang ternyata gula juga berperan pada peninggian tekanan darah tinggi kita.
Gula juga sudah terbukti mmebuat kadar gula dalam darah meningkat.Kalau yang ini memang tidak terbantahkan msapai penyakit diabetes didentikkan dengan gula. Kalau kita sering minum gula atau memakan gula makakita akan terkena penyakit gula.Diabetes juga mempengaruhi tekanan darah tinggi kita. NAh loh?
Karenanya saya mencoba kopi pahit yang aku coba minum dan ternyata pahit sekali namun tidak sepahit kehidupan ini mungkin. Tidak bermaksud dunia ini pahit karena terkadang dunia juga manis dan lezat. Aku sedikit menikmati.MUngkin nanatinya aku minum saja kopi pahit terseut sebagai obat.
Bahkan bisa menyembuhkan maag (?????). Terus terang saja saya belum berani menganjurkan bagi orang yang menderita maag untuk mengopi tetapi mungkin kopi ini akan memberikan manfaat yang lain. Aku mencobanya dan rasanya lumayan. Tetapi temanku yang baru olahraga menyarankan untuk mengambil kacnag hijau. KAu pikir amil aja. Kacang hijau menyehatkan dan aku pikir akan lebih baik untuk itu, cuma aku menocba setelah minum kopi aku minum air kacnag hijau. Aha, aku kira ini enak juga setelah bolak – balikminum tersebut aku rasakan aku senang sekali minum tersebut. Akhirnya aku minumkopi dengan gula juga.
PAs hari ini saya minum kpi lagi dan aku rasakan kok tidak seenak di hari kemarin Ini bukan karena kacang hijaunya tetapi memang eda. Mungkin karena racikannya yang kurang saja. Atau airnya yang kurang panas. Konon katanya gelas juga berpengaruh pada rasa kopi tersebut. Wah. ini memnag harus diteliti.

Iklan

Memisahkan alat tulis rumah dan kantor

Terkadang kita sulit sekali mencari pensil atau pulpen di rumah. Sering juga kita lupa membawa alat tulis karena kita juga lupa membawanya. Terkadang aku melihat mahasiswa yang juga tidak membawa alat tulis membuatku menjadi kalau dibilang kesaltidak juga namun aku menilai mahasiswa yang tidka tahu aturan. Aku tidak mau menjelek-jelekkan mahasiswaku sendiri.
Ini memang bukan disengaja. Karena ketika kita memakai pulpen kita lupa mengeletakkan dimana saja . Terlebih kalau kita tidak mempunyai meja kerja. Kita bekerja seperti gerilya saja. akhirnya ketika sudah selesai alat-alat tulisa tidak diletakkan di tempat ang semestinya.
Kini aku sudah mmeisahkan juga tetai aku masih mersakan kehilangan. Sbeba au menaruh alat tulis di tas yang satunya. RUpanya kita juga harus menarih alat tulis di tempat yang satunya juga dan kita harus memisahkan juga. Tidak ada ruginya membeli alat ttulis bagi tiap tas atau taip tempat. Jadi saya mempunyai alat tulis di ruang kerja, ruang tamu dan juga kedua tas saya. SAy aharap dengan kedisplinan untuk menaruh alat tulis saya tidak akanmerasakan kehilangan lagi. Aku rasa aku tidak perlu lagi mmeinjam ke orang.
Yah kita harus menocba memaafkan orang toh kita juga salah. Pernah ada yang mau meminjam pulpen malah membentak soalnya.

Saudi Tidak Memberontak Utsmaniyyah

Maafku Pada Saudi

Beberapa bulan lalu aku sadara bahwa yang memberontak Khalifah Utsmaniyyah bukanlah SAudi Arabia. DI dalam kesempatan ini aku meminta maaf sedalam-dalamnya. Untung saja saya bukan seorang penulis buku atau seorang cendekiawan yang sudah mempunyai pendengar setia.
Aku hanyalah penulis amatiran dan paling yang mendengarku atau membacaku sedikit sekali. Dengan ini aku beristghfar dan tidak mengulangi kesalahan lagi.
Dalam ilmu sejarah kadang hitam tidak selalu hitam dan putih tidak selalu putih . Ada suatu garis yang kita ahrus perhatikan dan jangan sampai kita melihatnya seperti garis yang tegas.
Terkadang sejarah malah mencoba untuk mempersuasi diri untuk menoleranis setiap tindakan pelaku sejarah itu sendiri.
Tentu saja bukan menoleransi dir kita yang salah. Selama hidup di kandung badan kita harus selalu melakukan perubahan diri. Jangan biarkan diri kita membelok seperti yang sudah ada lagi.
Ini memberikanaku bahwa kalau kita sedang meneliti harus melihat semuanya .
Jangan kita baru mendapatkan kabar dari satu pihak maka kita langsung mengutip habis-habisan kabar tersebut sebelum adanya klarifikasi .Akhirnya kita membabi buta dan sudah membenci apa saja dan kita akan menyesal.
Menyesal memang tidak berguna. Tetapi setidakna bisa menjadikan pelajaran bagiku dan aku tidak akan lagi mengulagi kesalahan yang aku kira sangat bodoh tersebut.

Tidak Berhenti Menuli

Terus Terang Lagi Stuck

KEsibukan kali ini membuatk stuck . Bahkan saya tdiak mnulis diary di blog saya ini. Stuck ini akibat kesibukan saya. Sebarnya sih kekurang komitmenan kta. Bebrerapa kali saya pernah stuck tetapi pada akhirnya saya bisa mengatasi hal itu.
Saya kira kalau kita sudah mempunyai komitmen mau sesibuk apapun kita bisa menulis. Kita kalau sibuk banget sempatkan setidaknya sejam untuk menulis karena itu akan menjadikan kita tetap menjadi penulis.
Kalau kita berhenti maka ada kemungkinan besar kita akan berhenti . Seperti beberapa penulis hebat yang karyanya sudah tidak adalagi atau tidak hebat lagi. MUngkin masanya sudah berakhir atau ia memutuskan untuk bekerja di tempat lain yang mempunyai kepastian . aku rasa aku tidak mau seperti itu.
Aku pikir menulis sudah merupakan keahlian yang saya dapatkan tidak sekali atau dua kali. Aku pikir ini akan beruntung jika aku mendaptakan hal ini. Tidak semua orang bisa menulis sebenarnya tidak semua orang yang mempunyai minat menulis. Buku saja mereka tidak baca.
Terus terang karena saya juga kurang membaca bukumaka aku juga sulit untuk menulis.
Oleh karena itu saya harusnya membaca dan memang terkadang kalau kita sedang stuck maka membaca adalah pilihan yang paling baik untuk mengobati stuck tersebut.
KAlau saya suka dengan membaca novel yang tebal yang memberikan inspirasi dan detal dar setiap suatu adegan.
Saya juga kini senang mengambar dan saya rasa itu juga memberikan saya inspirasi untuk terus menerus menulis.
Kalau mengingat gambar biasanya saya sukamenulis daripada dengan coret-coretan yang saya pakai. Aku ingin memajang lukisan tersebut di tembok saya. Agar saya mendapatkan pencerahan dan justru ini mencambuk saya untuk terus menulis.

Lebih Banyak Meneliti

Penelitian itu memang meneyangnkan
Kemarin kami dosen-dosen peserta penelitian pendahuluan mengikuti seminar hasil pemilihan pemula. Tentu saja saya berkenalan dengan berbagai macam dosen dari berbagai disiplin ilmu.
Tentu saja saya sangat senang dengan itu karena saya mendapatkan ilmu yang baru dari teman-teman tersebut.
Saya harus bisa melakukan penelitian yang banyak dan kata Prof kita bisa memetakan untuk apa kita meneliti 10 tahun ke depan.
Rencanya saya akan membuat penelitian yang baru mengenai financial literracy. Penelitian ini akan mengetahui seberapa sikap seseorang terhadap keuangan. Banyak sekali fenomena yang kita bisa cari dari penelitian ini.
SAya bayangkan jika banyak penelitian ini terpakai maka kita juga akan mendapatkan uang.
Pertama kita meneliti dengan rasa sedih kata Prof Umar nanti kita senang dan lalu dompert berlipat. Insya Allah.
Yang penting kita mmepunyai kesenangan dulu dan saya pikir saya senang untuk meneliti dan saya juga mampu.
KAlau senang tapi gak mampu khan sama juga bohong yah. Lebih baik kini saya yang meneliti dengan lebih tekun lagi karena ni bisa mendatangkan jutaan bahkan ratusan juta rupiah.
Terkadang kita menyia-nyiakan bakat kita untuk mencari yang lain. Padahal kita sudha mempunyai banyak kemamapuan dan bakat dan sikil kasudnya skill.
Mungkn pertama saya harus membuat road map dan lebih banyak menekuni untuk membaca Jurnal. JUrnal memberikan banyak sekali ide.
Aku pikir lebih baik meneliti daripada banyak mengajar. Banyak mengajar mmepunyia kebtasan karena kita harus ke sana dan kemari namun kita juga menjaid kurang perhatiang terhadap mahasiswa kita. Lebih baik khan kita terus meneliti.
Ini menjadikan kita menjadi lebih hebat lagi.

Pemilihan Kepala Daerah DKI

Sudah banyak diprediksi bahwa pemilu DKi akan diadakan dua kali karena tidak ada calon mendapatkan mayoritas. Tetapi kalau di quick count ternyata petahana lebih hebat dari Anis dan Sandi.
Ini sebuah sinyal peringatan (warned sinyal ) bawa ummat muslim tidak kompak. YA tentu saja saya tidak akan menyalahkan ummat islam yang kompak. Tetapi ini karena kurang pengertian atau sengaja pura-pura tidak tahu sehingga menyesatkan orang-orang yang tidak tahu.
Ini yang berbahaya orang yang mengaku ISlam padahal bukan Islam. Ia menerjemahkan Al Qur’an berdasarakan diri mereka sendiri dan hawa nafsu mereka sendiri.
KAlau sampai menang yah memang sudah takdir. Ummat ISlam sudah berusaha namun seberapa besar kezholiman mereka nantinya mereka akan dikahalahkan oleh Allah. Kezaliman pasti akan kalah. Nanti pasti ada yang menentangnya untuk melawan kezhaliman .
Aku pikir biarlah mereka mabuk dengankemenangan yang mengakibatkan mereka berleha (walaupuns saya ragu mereka akan berleha). Kita ambil contoh kalau bangsa yang jaya juga pernah hancur. Toh pada saat invasi MOnggol kita tahu China bukan menjadi apa-apa dan mereka menjadi dibahwa kekuasaan hingga Ming membebaskan mereka dan merekapun dijajah oleh bangsa Manchu hingga kemerdekaan mereka.

Pilkada dan Meliburkan diri

Pilkada bareng dan libur

Hampir di banyak daerah diadakan Pilkada 15 Februari 2017 termasuk Ibukota Negara kesatuan Republik Indoneisa. Kami mempunyai tiga opsi yang bagi seorang muslim diwajibkan untuk memilih satu dan tiga saja. Sebab calon lainnya sudah menyakiti hati ummat Islam.
Saya harus nyoblos dan saya kemarin mendengar di kendaraan umum kalau mau nyoblos yang ada duitnya saja. Nah,masyarakat yang sudah tidak peduli agama lagi seperti ini. Sudah menuhankan uang yang akan habis dalam hitugan detik. Paling banyak berapa sih calon yang berani memberikan uang "sogokan atau suap". Saya yakin tidak lebih dari 250.000 atau seperempat juta.
Uang seperti itu akan habis dengan waktu yang cepat sekali.
Sementara si gubernur yang menang akan mengeruk kemakmuran. Aku tidak menyalahkan 100 persen pada mereka tetapi mereka sedikit harus sabar untuk menghadapi ini semua.Sayangnya hanya sedikit orangyang faham mengenai hal ini semua.
Hari ini libur dan saya sudah malas rasanya bekerja. eiit, bagisa saya hari libur minggu saja dan memberikan hari libur sehari saja karena aku sudah kebanyakan meliburkandiri pada masa lalu dan banyak perbuatanku yang tidak sejalan dengan pencapaian tujuan cita-cita atau dalam bahasa singkatnya aku mengangur.

Cerita Arthur Dan Pedang Excalibur

Siapapun mungkin tidak asing dengan King Arthur atau Raja Arthur. Jelas ini adalah kisah fiksi pada abad pertengahan walau ada yang mengklaim ini sebagai kisah nyata. Apaun itu Arthur audha menarik bagi penulis cerita atau juga penulis komik, dan lain-lain.
Bagi saya yang pernah melihat kartun di sebuah TV swasta yang meliahat tayangan Arthur dan Ksatria Meja Bundar eneg sekali karena yang menghambat kartunnya jelek.
Tetapi sua mendengar dari adik saya bahwa cerita arthur ini bermula ketika pernah Salib . Petang Salib yang awalnya dimenangi oleh umat mmat Kristen namin akhirnya dapat dimenangkan ummat Islam. Meski katanya Richard mengalahkan Shalahuddin dalam dua kali pertempuran namun Richard tidka berani masuk ke Al Quds atau Darussalam.
Sehingga mereka membuat hiburan cerita dari cerita Arthur.
Kini ummat Islam sedang "terpuruk". Tragedi di Syria, Palestina, Chechnya, Myanmar, Mesir, Aljazair, Mali dan lain-lain membuka mata kita bahwa ummat sedang mengalami kesusahan. Belum lagi di Indonesia yang penduduknya mayoritas Muslim namun secara politik dan ekonomi tersingkir.
Saya ingin membuat cerita serupa Arthur bahwa kita ummat Muslim harus semangat bahwa masa depan ini milik Muslim. Perkembangan Muslim di wilayah sana baik dan nantinya akan membuat Muslim Indobesua lebih baik lagi. Langkahku akan membuat sebuah cerita yang inspiratif. Yah, semua orang mempunyai cita-cita. Termasuk saya. Saya akan membuat cerita yang menginspirasi tetapi cerita apa yah?
Ini masih menjadi pertanyaan saya dan saya mungkin akan menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut.

Perjalanan Commuter Yang Begitu Lama

Aku pikir aku akan terlambat karena kesiangan. Akubharus membereskan segala sesuatunya yakni mencari buku PR. Padahal waktu kecil saya sudah sering dinasehati agar menyiapkan untuk keperluan sekolah di malam hari sedangkan di pagi hari kita tinggal siap tetapi saya merasa tidak perlu merasa terburu-buru kecuali untuk keadaan tertentu.
Kereta memang tepat waktu namun kereta sudha mlai trtahana setelah dua statiun dari statiun dekat rumahku. Ini menjadi pengalaman yang baru karena aku belum pernah sampai "terlambat" seperti ini.
Aku sih yakin beli terlmabta karena saya sering juga menunggu di ruang kelas. Ah, kalo ini mungkin saya sampai pas di kelas nantinya.
Kemarin aku mencoba untuk membuat cerita misteri yakni organisasi penjahat yang mengatur perang. Mereka memfitnah Turki dengan tuduhan pembantaian di Bulgaria menjelang lepasnya Bulgaria dari Turki UTSMANIYAH.
Kalau seorang penulis pro pasti ia akan bisa mengerjakan dan tentunya "rasa" tulisan berdasarkan si penulis tersebut.
Saya sudah mencoba untuk menulis dalam bentuk cerpen yang pendek dan berhasil. Kini saya mencoba lagi untuk menulis dalam bentuk novel yang berarti aku harus membuat pengembangan paragraf dan ide ceritanya.
Saya mencoba dengan metode mind map Tony Buzan dan menggambarkan beberapa paragraph tetapi sesudah menggambar paragraph tersebut aku merasa bahwa cerita ini tidak akan menarik. Nah kalau tidak menarik begini menurut saya apalagi menurut pembaca. Aku khawatir nanti novel ini akan menjadi novel bekas.
Jika demikian aku menjadi tidak semangat. Aku menjadi mengurungkan niat untuk menyelesaikannya. Tetapi bukan menulis pro namanya yang baru membuat satu design paragraph saja sudah menyerah. Ia harus semangat menvyar tulisan tersebut.

Menyesal Marah

Seorang Guru yang mengaku dirinya teroris penah bilang jangan marah arena seringkali marah akan mendatangkan penyesalan.Walau kadang juga marah akan menghasilkan hal yang positif tetapi dengan maraha dnegan keadaan saya kira tidaka akan positif.
Waktu saya belum bekerja juga saya marah. Marah saya tidak seperti kondektur metromini yang marah jika ongkosnya kurang atau guru yang menghadapi murid yang kurang ajar. MArah saya lebih pad rasa kesal pada orang yang tidak mau memabnatu.
Aku tahu atau aku sok tahu bahwa orang tersebut bisamemeasukkan kerja. adahal ternayat tidak lah demikian karena orang tersebt ternyata tidak bisa memasukkan pekerjaan.
Mungkin yang membuat marah karena saya belum mendapat pekerjaan. Kadang kita melihat sebelah kanan atau sebelah kiri saya orang sudha bekerja sedangkan kita belum bekerja. Ini mmebuat kita sedih.
Kita merasa sudah tidak bisa bebruat apa-apa lagi dan mengharapkan bantuan dari orang saja. Kita seharusnya tidak boleh demikian.
Kemarahan saya berupada hal yang berbeda dnegan kebanyak orang. Saya mendemosntrasikan dnegan menjauh dari mereka semua dnegan harapan orang mau membantu kita tapi percuma.
Kalau saya ingat yang dulu mmengharapkan bantuan orang lain rasanya saya menjadi malu saja. Masa seh saya yang berpotensi ini harus menyerah .
Kita harus menghadapi dengan positif. Buatalah energi marah itu untuk yang lain saja.Energi marah kita salurkan pada kegiatan kita untuk menyelesaikan pekerjaankita bukannya bertambah marah.
Kadang marah akan mendatangkan penyesalan saja dan percayalah dengan hal itu. Saya sudah pernha mengalami hal itu.
Sya menjadi mempunyi ras atidak enak. Kecuali untuk berapa kasus tertentu yang aku kira harus marah misalnya menyangkuthidup orang banyak. Itu saya tidak menyesal seperti anak-anak yang main lift khanjelas membahayakan banyak orang makananya itu marah yang sewajarnya.